PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PELATIHAN VACUUM CLEANER DENGAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SEDERHANA DARI BARANG BEKAS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UMAHA

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menciptakan vacuum cleaner dari barang bekas. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis dan murah bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Kegiatan ini berlangsung selama dua gelombang yakni gelombang pertama pada tanggal 4-6 Juni 2024 para mahasiswa bekerja sama dengan sekolah SMP YPM 2 Panjunan Sukodono, sedangkan pada gelombang kedua pada tanggal 11-12 Juni 2024 mahasiswa bekerja sama dengan sekolah SMPY YPM 1 TAMAN. Pada gelombang pertama pelatihan dihadiri sebnayak 32 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing, sedangkan pada gelombang kedua dihadiri sebnayak 17 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing. Pada pelatihan tersebut, para peserta diajarkan cara membuat vacuum cleaner menggunakan komponen elektronik sederhana seperti motor DC, kipas kecil, botol plastik dan filter kain.

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Bapak M. Farkhan, S.Kom., M.Kom, mengungkapkan bahwa ” Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali mahasiswa agar mempunyai mental dan rasa percaya diri yang lebih tinggi, serta meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui jalur kegiatan Pengabdian Masyarakat di sekolah di lingkungan YPM. Karena target sesungguhnya adalah sekolah pada jenjang SMA/SMK yang pelaksanaan pada Semester Gasal mendatang “.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Maarif Hasyim Latif sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat. Para mahasiswa berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan dengan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Scroll to Top